PUSAKA AWARDS 2022

Purwakarta (26/01) – Bea Cukai Purwakarta mengadakan Pusaka Awards 2022. Acara ini dilaksanakan secara hibrida, yang diikuti secara offline oleh para perwakilan perusahaan peraih penghargaan dan para pejabat eselon IV, serta secara online oleh seluruh perusahaan di bawah pengawasan Bea Cukai Purwakarta dan pegawai Bea Cukai Purwakarta yang telah melaksanakan WFO 100% sejak Mei 2020.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam tugas dan fungsinya mempunyai peran penting dalam menjaga perekonomian negara, yaitu sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance. Kedua tugas dan fungsi tersebut dijalankan oleh DJBC salah satunya melalui fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB) yang diharapkan dapat mendongkrak perekonomian negara serta menambah jumlah investasi di Indonesia. Upaya pemberian fasilitas TPB tersebut, membuahkan hasil berupa devisa ekspor TPB sebesar Rp51 Triliun pada tahun 2021 (sumber: CEISA). Hal tersebut merupakan bukti bahwa TPB sangat berperan dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional bahkan disaat pandemi sedang berlangsung.

Pusaka Awards 2022 ini merupakan bentuk penghargaan kepada para pengguna jasa di lingkungan Bea Cukai Purwakarta sebagai apresiasi atas kontribusi devisa maupun Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) yang telah diberikan kepada NKRI, kepatuhan yang tinggi terhadap peraturan kepabeanan, serta telah menunjukkan kualitas pengetahuan yang luar biasa sebagai penunjang dalam bekerja menuju kesempurnaan.

Terdapat lima kategori penghargaan pada Pusaka Awards 2022, yaitu:

1.     Kontributor Devisa Ekspor tertinggi 

2.     Kontributor Bea Masuk dan PDRI Tertinggi

3.     Pusat Logistik Berikat Terbaik

4.     Gudang Berikat Terbaik

5.     Kawasan Berikat Terbaik

 

Terhadap lima kategori penghargaan tersebut telah dilakukan penilaian berdasarkan data dan aspek yang mendukung, sehingga diperoleh pemenang Pusaka Awards 2022, salah satunya adalah PT Honda Precision Parts Manufacturing sebagai Kontributor Devisa Ekspor Tertinggi dengan total nilai devisa sebesar Rp7.726.067.435.856,- per 31 Desember 2021, penilaian tersebut diambil dari data yang ada pada CEISA.

 

Pada puncak Pusaka Awards 2022 ini, dilaksanakan pula pemberian penghargaan terhadap para pemenang Olimpiade Pengguna Jasa 2022 yang telah dilaksanakan sejak 7 Januari 2022 hingga 20 Januari 2022. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan terkait dengan TPB agar tercapai sinergi yang baik antara Bea dan Cukai dengan Pengguna Jasa, serta untuk bersama-sama menegakkan aturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

RESPON ARTIKEL INI

Tinggalkan Komentar


Info KPPBC TMP A Purwakarta