Bulan Edukasi TPB 2.0 “Tingkatkan Kolaborasi, Melalui Inovasi!”

Purwakarta – Pada tahun 2021, Bea Cukai Purwakarta telah menginisiasi sebuah kegiatan edukasi di bulan November, yang tentunya memberikan manfaat bagi pengguna jasa di lingkungan KPPBC TMP A Purwakarta, yaitu Bulan Edukasi TPB. Kini, di tahun 2022, Bea Cukai Purwakarta kembali mengadakan kegiatan Bulan Edukasi TPB 2022 yang bertajuk “Tingkatkan Kolaborasi, Melalui Inovasi”.

Rangkaian kegiatan pada BET 2022 tentunya dikemas berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan BET tahun ini terdapat Selasar (Selasa-Kamis Belajar) TPB, Kuis TPB, Posting Edukasi TPB, dan sharing session internal pegawai. Kegiatan Selasar TPB ditujukan kepada pengguna jasa di lingkungan KPPBC TMP A Purwakarta. Kuis TPB ditujukan kepada masyakarakat luas, dengan cara mengikuti kuis yang diadakan oleh Instagram Bea Cukai Purwakarta (@beacukaipurwakarta) untuk memperebutkan beberapa hadiah menarik yang telah disiapkan oleh Bea Cukai Purwakarta. Tak hanya kuis, Bea Cukai Purwakarta juga gencar dalam publikasi terkait eksistensi TPB, dengan melakukan penyebaran informasi edukasi terkait TPB di media sosial Bea Cukai Purwakarta.

Kegiatan Selasar TPB terdiri dari 4 kelas, dengan total materi yang diberikan yaitu 7 materi. Materi-materi tersebut antara lain: Sosialiasi CEISA 4.0, Aplikasi Rumah Kita PUSPA G2, Pembatalan dan Pembetulan Dokumen BC 3.0, Rekonsiliasi Ekspor, Penjaluran TPB, Pencicilan dan Penundaan Pembayaran, serta IT Inventory.

Antusias para pegawai KPPBC TMP A Purwakarta pun tak kalah dari para pengguna jasa. Sharing session internal telah dilaksanakan dengan pokok bahasan PUSPA G2, aplikasi inovasi dari pegawai KPPBC TMP A Purwakarta yang digunakan untuk memudahkan pengguna jasa dalam melakukan pemantauan terkait perkembangan dan posisi surat yang telah diajukan oleh pengguna jasa. Aplikasi ini menggunakan database yang bersumber pada database office-automation (OA).

Dengan adanya kegiatan Bulan Edukasi TPB ini, diharapkan dapat meningkatkan edukasi bagi para pengguna jasa agar nantinya dapat terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik saat bekerja, antara petugas bea cukai dengan pengguna jasa. 

RESPON ARTIKEL INI

Tinggalkan Komentar


Info KPPBC TMP A Purwakarta