Bulan Edukasi TPB 2.0 “Tingkatkan Kolaborasi, Melalui Inovasi!”
Purwakarta – Pada tahun 2021, Bea
Cukai Purwakarta telah menginisiasi sebuah kegiatan edukasi di bulan November,
yang tentunya memberikan manfaat bagi pengguna jasa di lingkungan KPPBC TMP A
Purwakarta, yaitu Bulan Edukasi TPB. Kini, di tahun 2022, Bea Cukai Purwakarta kembali
mengadakan kegiatan Bulan Edukasi TPB 2022 yang bertajuk “Tingkatkan
Kolaborasi, Melalui Inovasi”.
Rangkaian kegiatan pada BET 2022 tentunya
dikemas berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan BET tahun ini terdapat Selasar
(Selasa-Kamis Belajar) TPB, Kuis TPB, Posting Edukasi TPB, dan sharing
session internal pegawai. Kegiatan Selasar TPB ditujukan kepada pengguna
jasa di lingkungan KPPBC TMP A Purwakarta. Kuis TPB ditujukan kepada
masyakarakat luas, dengan cara mengikuti kuis yang diadakan oleh Instagram Bea
Cukai Purwakarta (@beacukaipurwakarta) untuk memperebutkan beberapa hadiah
menarik yang telah disiapkan oleh Bea Cukai Purwakarta. Tak hanya kuis, Bea
Cukai Purwakarta juga gencar dalam publikasi terkait eksistensi TPB, dengan
melakukan penyebaran informasi edukasi terkait TPB di media sosial Bea Cukai
Purwakarta.
Kegiatan Selasar TPB terdiri dari
4 kelas, dengan total materi yang diberikan yaitu 7 materi. Materi-materi
tersebut antara lain: Sosialiasi CEISA 4.0, Aplikasi Rumah Kita PUSPA G2,
Pembatalan dan Pembetulan Dokumen BC 3.0, Rekonsiliasi Ekspor, Penjaluran TPB,
Pencicilan dan Penundaan Pembayaran, serta IT Inventory.
Antusias para pegawai KPPBC TMP A
Purwakarta pun tak kalah dari para pengguna jasa. Sharing session internal
telah dilaksanakan dengan pokok bahasan PUSPA G2, aplikasi inovasi dari pegawai
KPPBC TMP A Purwakarta yang digunakan untuk memudahkan pengguna jasa dalam
melakukan pemantauan terkait perkembangan dan posisi surat yang telah diajukan
oleh pengguna jasa. Aplikasi ini menggunakan database yang bersumber pada database
office-automation (OA).
Dengan adanya kegiatan Bulan
Edukasi TPB ini, diharapkan dapat meningkatkan edukasi bagi para pengguna jasa
agar nantinya dapat terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik saat bekerja,
antara petugas bea cukai dengan pengguna jasa.
Tinggalkan Komentar