Asistensi Pendirian Kawasan Berikat PT HLI Green Power

Bea Cukai Purwakarta melakukan asistensi pendirian fasilitas kawasan berikat PT. HLI Green Power, asistensi ini merupakan tindak lanjut dari surat permohonan yang diberikan oleh PT. HLI Green Power.

PT HLI Green Power merupakan perusahaan joint venture antara Hyundai Motor Company, LG Energy Solution, dan PT Indonesia Battery Corporation (IBC), produksi sel baterai kendaran listrik ini akan membuat Indonesia menjadi negara pertama produsen sel baterai kendaraan listrik di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi terbaru.

Implikasinya, tenaga kerja muda Indonesia yang diserap pada proyek ini juga menjadi engineer kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara.

Untuk mendukung hal tersebut pada asistensi kali ini tim dari Bea Cukai Purwakarta yaitu Kepala Seksi PLI Bersama dengan Kepala Seksi Pelayanan kepabeanan dan Cukai memberikan asistensi terhadap perusahaan guna pendampingan dalam pengajuan pendirian Kawasan Berikat.

Manfaat penerima fasilitas Kawasan Berikat, antara lain efisiensi waktu dalam pengiriman barang karena tidak terkena pemeriksaan fisik di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) atau pelabuhan, kemudahan fasilitas fiskal, dan membantu usaha pemerintah dalam rangka mengembangkan program keterkaitan antara perusahaan besar, menengah, dan kecil. Kemudahan fasilitas fiskal yang dimaksud seperti penangguhan bea masuk, tidak dipungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Pemberian asistensi ini merupakan upaya optimalisasi pelayanan terhadap pengguna jasa dan juga bentuk pelaksanaan fungsi DJBC dalam Industrial Assitance.

Selain itu, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kepatuhan dan pengetahuan pengguna jasa terkait fasilitas kawasan berikat yang didapatkan

RESPON ARTIKEL INI

Tinggalkan Komentar


Info KPPBC TMP A Purwakarta