Semangat Pegawai Meningkatkan Kompetensi Dikala Pandemi

Purwakarta (29/04) - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) mengharuskan kita untuk melakukan physical distancing, meski begitu Bea Cukai Purwakarta tak kehilangan semangat untuk tetap meningkatkan kompetensi pegawai melalui Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP) yang sudah menjadi agenda rutin kantor. Melalui aplikasi video conference, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Bea Cukai Purwakarta baik yang sedang melaksanakan Work From Home (WFH), Work From Office (WFO), maupun para pegawai yang bertugas di hanggar. P2KP kali ini membahas tentang PMK Nomor 31/PMK.04/2020 tentang Insentif Tambahan untuk Perusahaan Penerima Fasilitas KB dan/atau KITE untuk Penanganan Dampak Bencana Penyakit Virus COVID-19 dan PMK Nomor 34/PMK.04/2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Keperluan Penanganan pandemi COVID-19 yang mana PMK tersebut merupakan respon pemerintah terkait kebijakan secara fiskal maupun prosedural dalam upaya mengurangi dampak ekonomi dari COVID-19.


Materi pertama disampaikan oleh Kepala Subseksi Penyuluhan, Rahmat Firdaus. Beliau menjelaskan bahwa insentif yang dimaksud dalam PMK 31/PMK.04/2020 meliputi insentif perpajakan atas penyerahan barang baku dari lokal, insentif dalam penyerahan hasil produksi untuk penanggulangan dampak virus corona, dan insentif alat kesehatan bagi karyawan. Selain itu, kegiatan impor barang untuk keperluan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) diberikan fasilitas kepabeanan dan/atau perpajakan berupa pembebasan bea masuk dan/atau cukai, tidak dipungut PPN dan PPnBM, dan dibebaskan dari pemungutan PPh pasal 22. Fasilitas tersebut diberikan terhadap 73 jenis barang sesuai dengan lampiran pada PMK 34/PMK.04/2020. Sesi kedua yaitu materi terkait sistem Aplikasi Tanggap COVID-19 yang disampaikan oleh Kepala Subseksi Pengolahan Data, Puni Puspita. Sistem Aplikasi ini dapat mempermudah pegawai Bea Cukai dalam memberikan perizinan terkait insentif tambahan maupun fasilitas kepabeanan dan/atau cukai.


Sesi tanya jawab yang sangat interaktif menjadi penutup acara P2KP ini sekaligus menjadi bukti bahwa meskipun kegiatan dilaksanakan secara daring, para pegawai Bea Cukai Purwakarta tetap memiliki antusiasme yang tinggi untuk memperdalam pengetahuan yang dimiliki. Harapannya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan pegawai Bea Cukai Purwakarta demi mewujudkan Bea Cukai yang makin baik.

RESPON ARTIKEL INI

Tinggalkan Komentar


Info KPPBC TMP A Purwakarta