Sosialisasikan Fasilitas KITE IKM, Bea Cukai Purwakarta Siap Membantu Industri Keramik Purwakarta Mendunia

Purwakarta (16/01/2020), Bea Cukai Purwakarta kembali terjun ke lapangan terkait dengan kegiatan Sosialisasi Fasilitas KITE IKM.

Kali ini Tim Fasilitas KITE IKM Bea Cukai Purwakarta yang terdiri dari seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi serta Pelayanan Kepabeanan dan Cukai mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Daerah Penelitian dan Pengembangan (UPTD Litbang) Keramik di wilayah Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala UPTD Litbang Keramik Maemunah, dalam sambutanya Maemunah menyampaikan terimakasih atas kedatangan Bea Cukai Purwakarta yang berkenan memberikan sosialisasi tentang fasilitas KITE IKM. Acara dilanjutkan dengan sepatah kata dari Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Agus Supriyanto dan pemaparan materi oleh Rahmat Firdaus selaku Kasubsi Penyuluhan.

Dihadapan para pengerajin yang tergabung dalam UPTD Litbang Keramik Rahmat Firdaus menjelaskan bahwa fasilitas KITE IKM merupakan kebijakan yang diberikan oleh Bea Cukai berupa insentif fiskal dan kemudahan impor atas barang jadi yang diekspor. Insentif fiskal yang diberikan oleh KITE IKM berupa pembebasan Bea Masuk, PPN, dan PPN Barang Mewah atas impor bahan baku, mesin, dan barang contoh.

Baca Juga : Pisah Sambut Pejabat Eselon III Kantor BeaCukai Purwakarta

Dari kunjungan ini, tim dapat mengetahui baik potensi maupun kendala – kendala para pengerajin dibawah UPTD Litbang Keramik.

Salah satunya adalah minimnya pengetahuan tentang ekspor – impor, dari masalah tersebut Bea Cukai Purwakarta menghimbau agar para kelompok pengerajin langsung datang ke kantor untuk konsultasi lebih lanjut.

Selain masalah diatas diketahui juga bahwa dari 206 unit usaha dibawah UPTD Litbang Keramik  hanya 5 kelompok pengerajin yang sudah berbadan hukum. Dari masalah ini tim berharap agar pengrajin yang sudah berbadan hukum bisa menjadi “bapak asuh” bagi para pengerajin yang belum berbadan hukum. 

RESPON ARTIKEL INI

RESPON ARTIKEL INI

Tinggalkan Komentar


Info KPPBC TMP A Purwakarta