SELASAR TPB Week-1

Purwakarta (11/11), Bulan November 2021 merupakan bulan diadakannya kegiatan BET 2021 (Bulan  Edukasi TPB 2021) oleh Bea Cukai Purwakarta, sebagai upaya meningkatkan wawasan dan kesadaran akan pentingnya TPB, sehingga masyarakat luas dapat mengerti peran dan fungsi TPB dalam meningkatkan perekonomian nasional. Salah satu rangkaian dalam kegiatan BET ini adalah Selasar (Selasa Kamis Belajar) TPB yang ditujukan kepada pengguna jasa di lingkungan Bea Cukai Purwakarta, kegiatan ini diadakan dalam empat sesi.

Dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan ini diadakan secara virtual melalui zoom meeting yang diikuti oleh ratusan pengguna jasa.

Pada sesi pertama mengangkat materi “TPB dan Monitoring Mandiri” yang dilaksanakan pada Selasa, 9 November 2021. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kusmawan selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Pemaparan materi disampaikan oleh Bambang Riyadi selaku Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama/Ahli Pertama, dalam pemaparannya beliau lebih menekankan kepada jenis fasilitas Kawasan Berikat, mengingat pengguna fasilitas ini paling besar jumlahnya di wilayah Bea Cukai Purwakarta. Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai tata cara dan tindak lanjut monitoring mandiri yang dapat dilakukan oleh perusahaan maksimal empat kali dalam satu tahun.

Pada sesi kedua dilaksanakan pada Kamis, 11 November 2021 yang mengangkat materi “Pemasukan Barang ke TPB”. Pemaparan materi disampaikan oleh Taufik Ismail selaku Kepala Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Himawan selaku Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama/Ahli Pertama. Dalam pemaparannya, pemateri menjelaskan mengenai pokok – pokok perubahan, tata cara pemberitahuan pabean, pemeriksaan pabean, perubahan dan pembatalan dokumen, serta hal – hal yang harus diperhatikan dalam pemasukan barang ke TPB. Acara dilanjutkan sesi tanya jawab dan games.


Kegiatan ini diharapkan dapat me-refresh kembali pemahaman, menambah wawasan dan pengetahuan pengguna jasa terkait TPB.

RESPON ARTIKEL INI

Tinggalkan Komentar


Info KPPBC TMP A Purwakarta