Jalankan Fungsi Industrial Assistance Bea Cukai Purwakarta lakukan pendampingan IT Inventory kepada PT Uwu Jump Indonesia

SUBANG (02/09) Bea Cukai sebagai salah satu unit vertical di Kementerian Keuangan, selain menjalankan tugas dan fungsi dibidang pengawasan juga mempunyai peranan sebagai industrial assistance hal ini sejalan yang telah dilakukan oleh Bea Cukai Purwakarta yang telah melakukan pendampingan IT Inventory kepada PT Uwu Jump Indonesia. Bertempat di meeting room PT Uwu Jump Indonesia kegiatan berlangsung dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan dimasa pandemic COVID-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala seksi PKC X Yoko Rudy Suryono selaku kepala seksi yang membawahi PT Uwu Jump Indonesia dan dengan audience perwakilan masing – masing departemen diperusahaan, kegiatan dibuka dengan sambutan dari factory manager PT Uwu Jump Indonesia dan langsung dilanjutkan dengan sesi materi.

Bertindak sebagai narasumber adalah Kusmawan selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dan Rahmat Firdaus selaku Kasubsi Penyuluhan, mereka membawakan materi terkait IT Inventory. Dalam pemaparannya Rahmat menjelaskan tentang kriteria IT Inventory sesuai PER-09 BC 2014 dan PER-19 BC 2018 sedangkan kusmawan menekankan pada sistem informasi akuntansi yang merupakan salah satu subsistem dari IT Inventory itu sendiri.

Dalam kesempatan kali ini juga pihak perusahaan diberikan kesempatan untuk mensimulasikan proses penginputan IT Inventory dari mulai barang masuk ke pabrik hingga barang menjadi finish goods dan siap untuk diekspor. Dari hasil simulasi ini diketahui bahwa masih terdapat catatan yang harus diperbaiki oleh perusahaan. salah satunya adalah system pencatatan akuntansi yang masih menggunakan system yang terpisah dengan pencatatan IT Inventory.

“Sebenarnya aplikasi yang di gunakan (PT Uwu Jump) sudah bagus dan bisa mendapatkan kategori A, sangat disayangkan pencatatan akuntansi yang terdapat di aplikasi tersebut tidak digunakan oleh pihak perusahaan, kedepan perusahaan harus menggunakan satu system pencatatan saja” pungkas Kusmawan

Diakhir acara perusahaan menyampaikan terima kasih atas pendampingan yang dilakukan oleh pihak Bea Cukai.

“Kami berterimakasih atas masukan dan saran yang telah diberikan oleh pihak bea cukai, sehingga kedepannya kami dapat memperbaiki system (IT Inventory) kita”

RESPON ARTIKEL INI

Tinggalkan Komentar


Info KPPBC TMP A Purwakarta