Bea Cukai Purwakarta Kembali Terjun Ke Lapangan Untuk Sosialisasikan Fasilitas KITE IKM

Purwakarta (10/12/2019), Bea Cukai Purwakarta kembali terjun ke lapangan terkait dengan kegiatan penyuluhan fasilitas KITE IKM.

Kali ini tim fasilitas KITE IKM Bea Cukai Purwakarta yang terdiri dari seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi serta Pelayanan Kepabeanan dan Cukai mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Daerah Penelitian dan Pengembangan (UPTD Litbang) Keramik di wilayah Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

UPTD Litbang Keramik ini adalah salah satu pusat penelitian dan pengembangan kerajinan gerabah dan keramik. UPTD Ltbang Keramik sendiri membawahi 205 unit usaha yang berkaitan dengan kerajinan gerabah dan keramik. Dari jumlah unit usaha tersebut,sekitar 10% menangani bagian ekspor.

Unit Usaha dibawah UPTD Litbang Keramik Plered ini telah melakukan banyak ekspor ke berbagai negara, tercatat pada tahun 2018 ekspor gerabah dan keramik ini sudah menembus 106 kontainer. Adapun tujuan ekspor kerajinan keramik dan gerabah ini dikirim ke berbagai wilayah di Amerika, Eropa dan Asia.

Baca Juga : Lagi, Bea Cukai Purwakarta Sosialisasikan Fasilitas KITE IKM

Dari kunjungan ini, tim dapat mengetahui baik potensi maupun kendala – kendala unit usaha dibawah UPTD Litbang Keramik.

Di sisi lain tim Bea Cukai Purwakarta menjelaskan adanya fasilitas KITE IKM yang merupakan kebijakan yang diberikan oleh Bea Cukai berupa insentif fiskal dan kemudahan impor atas barang jadi yang diekspor. Insentif fiskal yang diberikan oleh KITE IKM berupa pembebasan Bea Masuk, PPN, dan PPN Barang Mewah atas impor bahan baku, mesin, dan barang contoh.

Dengan adanya penyuluhan fasilitas KITE IKM ini diharapkan pengusaha IKM khususnya unit usaha kerajinan keramik dan gerabah dapat mengetahui dan menggunakan fasilitas ini, sehingga dapat menyokong serta membantu usaha mereka untuk dapat bersaing di level internasional.

#BeaCukaiPurwakarta

#BeaCukaiMakinBaik

RESPON ARTIKEL INI

Tinggalkan Komentar


Info KPPBC TMP A Purwakarta